Rabu 25 Sep 2024 11:32 WIB

Arsitek ITB dan Salman Bangun Tenda Layak Huni Jadi Tempat Sementara Korban Gempa

Tenda-tenda ini dirancang dengan mengedepankan aspek kearifan lokal.

Red: Arie Lukihardianti
Pembuatan tenda layak huni untuk tempat tinggal darurat dan menjadi hunian sementara (Huntara) korban gempa yang bisa bertahan lama.
Foto: Dok Republika
Pembuatan tenda layak huni untuk tempat tinggal darurat dan menjadi hunian sementara (Huntara) korban gempa yang bisa bertahan lama.

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG-- Gempa bumi berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Bandung pada Rabu, 18 September 2024. Saah satu desa yang paling terdampak karena mengalami kerusakan parah adalah Kecamatan Kertasari, Desa Cibeureum.

Menurut Kepala Desa Cibeureum, Abek Subekti, hampir seluruh bangunan di desa tersebut rusak. Sehingga, sebanyak 19.000 warga dari enam dusun terpaksa harus mengungsi. Menanggapi bencana tersebut, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (SAPPK ITB), bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM ITB) serta Rumah Amal Salman, mengambil inisiatif untuk membangun tenda ramah gempa sebagai solusi hunian sementara bagi masyarakat terdampak.

Baca Juga

Manager Program Rumah Amal Salman, Abdul Aziz mengatakan, rencananya ke depan di fase tanggap darurat ini, Rumah Amal Salman akan membangun 10 tenda keluarga untuk warga yang mengalami kerusakan cukup parah.

"Tenda yang kita buat bukan hanya untuk tempat tinggal darurat, tetapi juga menjadi hunian sementara (Huntara) yang bisa bertahan lama. Terbukti ketika di Cianjur, tenda-tenda tersebut pernah dibangun dan dapat digunakan lebih dari satu tahun bagi warga yang rumahnya rusak berat," ujar Abdul Aziz, dalam keterangan resminya, Rabu (25/9/2024).

Tenda-tenda ini dirancang dengan mengedepankan aspek kearifan lokal. Yakni, menggunakan bahan utama berupa bambu yang diambil dari lingkungan sekitar. Selain itu, warga setempat juga dilibatkan dalam proses pembangunan, menciptakan partisipasi aktif serta semangat gotong royong yang sangat dibutuhkan dalam situasi darurat seperti ini.

Bantuan yang diberikan tidak hanya berupa tenda, tetapi juga kebutuhan dasar lainnya, seperti makanan, susu, dan air bersih. Rumah Amal Salman bersama Rumah Relawan Muda dan Pustena Masjid Salman turut mendistribusikan filter air, yang memungkinkan warga terdampak untuk mendapatkan air minum bersih dengan mudah. Air bersih ini sangat diandalkan oleh warga untuk keperluan sehari-hari.

Melalui kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak, kata dia, diharapkan pemulihan pasca gempa dapat berjalan lebih cepat dan dampak bencana ini dapat diminimalkan. Tenda layak huni yang dibangun tidak hanya menjadi tempat tinggal sementara, tetapi juga memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi warga yang terdampak, terutama dalam mengatasi trauma yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Salah satu penerima manfaat tenda ramah gempa, Entin (53 tahun) mengatakan, ia bersyukur telah mendapatkan tenda baru. Sebelumnya, ia dan keluarganya harus bertahan di tenda darurat yang sangat dingin dan tidak nyaman.

“Saat kejadian, genteng rumah berjatuhan dan saya serta keluarga merasa tidak aman untuk tinggal di rumah. Kami tinggal di tenda seadanya dari terpal yang terasa dingin. Alhamdulillah sekarang sudah punya tenda yang lebih nyaman, tertutup, dan aman, sehingga kami bisa tidur dengan nyenyak, dan anak-anak juga merasa lebih nyaman,” paparnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement