Jumat 27 Sep 2024 16:23 WIB

Edukasi Gaya Hidup Sehat, Pj Gubernur Jabar Bey Nilai Kesehatan Investasi Paling Berharga

Bey menekankan pentingnya olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Red: Arie Lukihardianti
Pj Gubernur Jabar hadiri Ayo Sehat Festival 2024 di Gedung Sate
Foto: Dok Republika
Pj Gubernur Jabar hadiri Ayo Sehat Festival 2024 di Gedung Sate

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menilai, kesehatan adalah investasi paling berharga bagi bangsa, jauh melebihi fasilitas kesehatan itu sendiri.

“Kesehatan adalah kunci utama kesejahteraan bangsa dan kita bangga melihat ibu-ibu Posyandu yang hadir penuh semangat. Mereka adalah garda terdepan yang memastikan kesehatan masyarakat terus meningkat,” ujar Bey Machmudin di acara Ayo Sehat Festival 2024 di Gedung Sate, belum lama ini.

Baca Juga

Bey juga menekankan pentingnya olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara rutin. "Pak Menkes selalu mengingatkan, lebih baik mencegah sakit daripada hanya mengandalkan rumah sakit. Jadi, ayo rajin berolahraga dan rutin memeriksa kesehatan di Puskesmas atau Posyandu," paparnya.

Ayo Sehat Festival sendiri, digelar di Bandung diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan RI ini menjadi momentum penting untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan sebagai fondasi kesejahteraan bangsa. Bey pun, menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kota Bandung sebagai tuan rumah festival.

Festival ini juga menghadirkan berbagai pameran alat kesehatan modern, mulai dari peralatan untuk ibu hamil hingga lansia.

Bey pun memuji kecanggihan teknologi yang diperlihatkan serta kesetaraan akses kesehatan untuk semua kelompok usia. Dengan Ayo Sehat Festival 2024, diharapkan masyarakat Jabar semakin peduli terhadap gaya hidup sehat. Ini bukan hanya soal tubuh yang sehat, tetapi juga masa depan bangsa yang lebih sejahtera.

Sementara itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan. Ia menguraikan tiga kunci sederhana untuk hidup sehat, yakni makan secukupnya, berolahraga teratur, dan tidur yang cukup. “Makan berhenti sebelum kenyang, olahraga 30 menit sehari lima kali seminggu, dan tidur cukup minimal 6 jam. Itu rahasia umur panjang,” katanya.

Budi pun, mengajak masyarakat untuk rutin mengukur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. "Jangan lupa, semua pemeriksaan ini bisa dilakukan di Puskesmas dan semuanya gratis. Kesehatan itu mudah dijaga, asal kita rutin memeriksanya," kata Budi.

Sementara menurut Head Marketing and Communication Lemonilo, Nasrullah Anas, Lemonilo juga turut berpartisipasi pada kegiatan Ayo Sehat Fest. Pihaknya, mengadakan olahraga Zumba bersama dengan para warga di Gedung Sate, Bandung. Aktivitas zumba ini diikuti oleh lebih dari 100 orang pada acara pembukaan Ayo Sehat Fest dengan antusiasme yang tinggi. Selain kegiatan zumba, Lemonilo juga mengadakan kegiatan mewarnai pada Zona Anak di Ayo Sehat Fest 2024, dengan mengangkat tema “Aktif dan Ceria bersama Nilo”.

Anas menegaskan, bahwa melalui kolaborasi yang terjalin bisa menginspirasi masyarakat untuk mulai menjalani pola hidup sehat. “Inisiasi bersama ini menjadi komitmen Lemonilo untuk mendorong masyarakat dalam memulai dan menjalani pola hidup sehat secara konsisten, sejalan dengan visi Lemonilo untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik,” papar Anas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement