REJABAR.CO.ID, BANDUNG--Puluhan pengguna layanan transportasi online inDrive di Kota Bandung berhasil memenangkan hadiah dari kampanye bertajuk “Gas Gas Gas, Menangnya Ngegas” yang berlangsung dari 15 Juni hingga 15 Juli 2025. Kampanye ini ditutup dengan pengumuman pemenang dalam sebuah acara yang dihadiri langsung oleh sejumlah pengguna dan mitra pengemudi, akhir pekan ini.
Menurut Direktur Bisnis inDrive Indonesia, Ryan Rwanda, kampanye ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pengguna aktif di Kota Bandung. Ia menyebut respons masyarakat cukup tinggi dan antusias. “Partisipasi masyarakat Bandung luar biasa. Ini jadi bukti kuat bahwa layanan kami diterima dengan baik di kota ini,” ujar Ryan.
Menurut Ryan, program ini dirancang untuk menjangkau pengguna tanpa syarat rumit. Jadi, tanpa registrasi tambahan, cukup naik tiga kali selama periode kampanye, pengguna sudah terdaftar secara otomatis.
Ryan juga membuka peluang diadakannya program serupa di kota lain. “Bandung jadi pilot project. Kalau hasilnya positif, tidak menutup kemungkinan akan diperluas ke kota-kota besar lainnya,” katanya.
Bandung dipilih sebagai lokasi kampanye karena tingginya aktivitas pengguna transportasi daring dan karakteristik kota yang dinamis. “Kami melihat Bandung sebagai kota yang aktif, dengan pengguna loyal dan mobilitas tinggi. Itu alasan kami menjadikan Bandung titik awal kampanye ini,” papar Ryan.
Sementara menurut Pengamat transportasi digital dari Universitas Pasundan, Hermawan Sutisna, langkah inDrive ini sebagai bagian dari strategi memperkuat loyalitas pengguna di tengah ketatnya persaingan layanan transportasi online. “Pengguna hari ini tidak hanya mempertimbangkan tarif, tapi juga bagaimana mereka merasa dihargai. Kampanye seperti ini bisa jadi alat membangun koneksi emosional,” katanya.
Namun, kata dia, transparansi tetap harus dijaga. Transparansi dalam sistem pengundian, mekanisme hadiah, dan publikasi hasil menjadi kunci agar program semacam ini tetap kredibel. Dengan berakhirnya kampanye “Gas Gas Gas, Menangnya Ngegas” inDrive, akan mengevaluasi hasil dan mempertimbangkan pelaksanaan di kota lain.
Ryan mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk terus mengembangkan pendekatan yang mengedepankan pengguna, bukan hanya soal efisiensi layanan, tapi juga keterlibatan emosional. “Kami percaya bahwa layanan transportasi bukan sekadar antar-jemput, tapi juga soal hubungan. Kampanye seperti ini menjadi salah satu cara kami menjalin relasi yang lebih erat dengan pengguna,” katanya.
Program ini tidak memerlukan biaya pendaftaran. Setiap pengguna yang menyelesaikan minimal tiga perjalanan selama periode kampanye secara otomatis terdaftar sebagai peserta undian.
Berbagai hadiah dibagikan setiap pekan, mulai dari smartphone, tablet, konsol game, hingga power bank. Pemenang utama membawa pulang satu unit mobil jenis MPV, setelah tercatat menyelesaikan perjalanan terbanyak selama periode kampanye.
Salah satu pemenang mingguan, Deni (29), mengaku tak menyangka bisa terpilih. “Saya hanya rutin pesan seperti biasa. Tahu-tahu dikabari menang tablet. Tentu senang, apalagi ini tanpa ikut undian formal,” katanya.