Ahad 12 Mar 2023 20:58 WIB

Dinding Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya Dikabarkan Longsor

Longsor di kawah Gunung Galunggung disebut tak mengganggu aktivitas wisata.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Polisi mengecek longsor di dinding kawah Gunung Galunggung, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (12/3/2023).
Foto: Dok Polsek Sukaratu
Polisi mengecek longsor di dinding kawah Gunung Galunggung, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (12/3/2023).

REJABAR.CO.ID, TASIKMALAYA — Longsor dilaporkan terjadi di dinding kawah Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (12/3/2023). Dikabarkan kejadian longsor itu tidak mengganggu aktivitas wisata, tapi pengunjung diminta hati-hati saat beraktivitas di area kawah.

Kepala Polsek (Kapolsek) Sukaratu, Mahmud Darmana, menjelaskan, longsor di dinding kawah Gunung Galunggung itu terjadi pada Ahad, sekitar pukul 01.00 WIB. Longsor terjadi pada dinding bagian atas sebelah barat kawah, wilayah Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya. 

“Itu lokasinya di longsoran lama, mungkin getaran vulkanis, jadi melebar. Longsorannya itu masuknya ke dalam kawah,” kata Kapolsek, ketika dikonfirmasi, Ahad.

Berdasarkan hasil pengecekan, tanah yang longsor disebut berasal dari longsoran tebing lama di dinding atas kawah Gunung Galunggung sebelah barat. Luas longsoran itu diperkirakan mencapai sekitar tujuh hektare.

Menurut Kapolsek, diduga longsor itu terjadi lantaran kondisi tanah yang labil di lokasi longsoran yang lama. Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian longsor itu. Lokasinya juga disebut jauh dari permukiman penduduk.

Kapolsek mengatakan, jarak lokasi kejadian dengan objek wisata tangga biru sekitar 1,5 kilometer dan jarak dari tangga kuning sekitar 1,2 kilometer. “Aktivitas wisata juga tidak terganggu. Namun, kami memberikan imbauan agar tidak ada yang turun ke kawah,” kata Kapolsek.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement