Selasa 04 Apr 2023 14:23 WIB

Saat Mudik, Arus Lalu Lintas di Sukabumi Bisa Dipantau Secara Daring

Warga bisa melihat live streaming pantauan kamera CCTV yang dipasang Polres Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/Antara/ Red: Irfan Fitrat
Live streaming pantauan kamera CCTV yang dipasang Polres Sukabumi di sejumlah titik wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (4/4/2023).
Foto: Tangkapan layar akun Youtube dTIKsebelas
Live streaming pantauan kamera CCTV yang dipasang Polres Sukabumi di sejumlah titik wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (4/4/2023).

REJABAR.CO.ID, SUKABUMI — Polres Sukabumi, Jawa Barat, akan memanfaatkan kamera CCTV untuk memantau situasi arus lalu lintas saat momen arus mudik Lebaran. Pantauan CCTV ini juga bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat.

Kepala Polres (Kapolres) Sukabumi, AKBP Maruly Pardede mengatakan, CCTV dipasang di jalur-jalur utama mudik, baik di wilayah utara maupun selatan Kabupaten Sukabumi. Kamera pemantau itu juga dipasang di jalur-jalur wisata, serta lokasi yang dinilai rawan kemacetan dan kecelakaan.

“Pemasangan CCTV tersebut sudah difungsikan untuk melakukan pemantauan dan mempermudah koordinasi petugas di lapangan,” kata kapolres.

Kepala Seksi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan, Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polres Sukabumi sudah memasang CCTV di 38 titik. Ada rencana penambahan CCTV di eksit Tol Bocimi di Parungkuda, Sukabumi.

Menurut Aah, masyarakat bisa melihat pantauan langsung dari kamera CCTV itu. Dengan begitu, diharapkan membantu masyarakat untuk mengatur waktu perjalanan atau menghindari kemacetan. “Silakan masyarakat membuka channel Youtube pada akun dTIKsebelas, live streaming selama 24 jam,” kata dia, Senin (3/4/2023).

Kepala Seksi TIK Polres Sukabumi, Aipda Deny Ferdianto mengatakan, lokasi kamera CCTV ini, antara lain di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Pasar Cicurug, Simpang TMC Cikidang, Pasar Cibadak, pertigaan Bagbagan, Bundaran Batu Sapi, simpang Gunung Butak, Pantai Karanghawu dan Tenjo Resmi.

Deny menilai, keberadaan CCTV itu efektif dalam memantau perkembangan kondisi arus lalu lintas, termasuk pada arus mudik nanti. Ia mengatakan, adanya CCTV juga dapat mempercepat respons petugas di lapangan dalam memberikan pelayanan, pengaturan, dan pengamanan selama arus mudik hingga balik Lebaran.

“Juga bisa dimanfaatkan oleh warga, pemudik, ataupun wisatawan untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas di jalur mudik, baik wisata maupun jalan protokol lainnya, agar bisa menghindari kemacetan," kata Deny.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement