Senin 25 Sep 2023 06:10 WIB

Dibukanya Penerbangan di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya Diharapkan Berdampak Positif

Penerbangan komersial akan dilayani Citilink mulai 2 Oktober 2023.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

REJABAR.CO.ID, TASIKMALAYA — Penerbangan komersial rencananya kembali dibuka di Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai 2 Oktober 2023. Maskapai Citilink membuka pelayanan penerbangan rute Bandara Wiriadinata (Tasikmalaya)-Halim Perdanakusuma (Jakarta).

Kembalinya pelayanan penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata dipastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya. Kepastian itu didapat setelah adanya penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Citilink Indonesia dan CV Adirama Mitra Sehati.

Baca Juga

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Aslim, menilai, kembali penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata dapat memberikan dampak positif. Seperti mempersingkat waktu tempuh Tasikmalaya-Jakarta, yang biasanya bisa mencapai tujuh-delapan jam.

“Itu bisa tujuh-delapan jam. Itu kan tidak efektif. Dengan adanya penerbangan komersial, tentu waktu akan lebih singkat untuk berkunjung ke Jakarta atau sebaliknya. Itu juga akan berdampak ke daerah sekitar Tasikmalaya,” kata Aslim kepada Republika.

Aslim mengatakan, penerbangan komersial sempat dibuka sebelum masa pandemi Covid-19. Menurut dia, saat itu keberadaan layanan penerbangan komersial dapat membantu memudahkan mobilitas ke Kota Tasikmalaya. Namun, kondisi pandemi membuat operasional transportasi udara itu mati suri.

Kini, dengan kembali dibukanya layanan penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata, Aslim berharap akan memberikan dampak positif. Seperti turut mendorong perekonomian di Kota Tasikmalaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, kembali dibukanya penerbangan komersial itu tentu akan membawa dampak positif. Pasalnya, keberadaan transportasi udara akan membuat mobilitas masyarakat makin cepat. 

Ivan menilai, penerbangan itu tak hanya membantu mobilitas warga Kota Tasikmalaya, melainkan juga warga daerah sekitar. Apalagi, banyak warga Kota Tasikmalaya dan sekitarnya yang berkarier di Jakarta. “Jadi, mereka bisa memanfaatkan itu. Termasuk juga yang mau berwisata akan lebih cepat,” ujar Ivan kepada Republika, Rabu (20/9/2023).

Dengan adanya kemudahan transportasi, Ivan melihat peluang kehadiran pengunjung atau wisatawan. “Apalagi di jadwal itu kan Senin dan Sabtu. Jadi, mungkin bisa lebih banyak yang hadir ke Tasikmalaya, khususnya untuk melihat produk UMKM. Jadi bisa lebih terdorong ke Kota Tasikmalaya karena lebih mudah,” kata Ivan.

Harga tiket

Berdasarkan informasi dari Pemkot Tasikmalaya, maskapai Citilink akan melayani penerbangan rute Tasikmalaya-Jakarta dan sebaliknya menggunakan pesawat model ATR 72-600, yang memiliki kapasitas 70 kursi penumpang dan fasilitas kargo.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement