Kamis 30 May 2024 08:51 WIB

Di Mana Pegi Setiawan Saat Polisi Gelar Pra Rekonstruksi?

Pada pra rekontruksi tidak terlihat kehadiran Pegi Setiawan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Tim kuasa hukum Pegi Setiawan mengaku tidak diberi tahu oleh polisi mengenai kegiatan pra rekonstruksi yang digelar malam ini di sejumlah lokasi di Cirebon, Rabu (29/5/2024).
Foto: Dok Republika
Tim kuasa hukum Pegi Setiawan mengaku tidak diberi tahu oleh polisi mengenai kegiatan pra rekonstruksi yang digelar malam ini di sejumlah lokasi di Cirebon, Rabu (29/5/2024).

REJABAR.CO.ID,  CIREBON----Polda Jabar menggelar pra rekonstruksi kasus pembunuhan Vina dan Muhammad Rizky atau Eky di Cirebon, Rabu (29/5/2024) malam. Dalam kegiatan itu, polisi terlihat mendatangi enam titik lokasi. Namun, dalam kegiatan itu tidak terlihat kehadiran Pegi Setiawan, yang sebelumnya telah ditetapkan oleh polisi sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky.

Tim kuasa hukum Pegi pun mengaku tidak mengetahui apakah kliennya dihadirkan atau tidak dalam kegiatan pra rekonstruksi tersebut. Mereka bahkan tidak diberi tahu oleh polisi mengenai kegiatan tersebut. ‘’Kami tidak dikabari mengenai rekonstruksi ini. Kami tahunya dari rekan media,’’ ujar salah seorang kuasa hukum, Toni RM, saat mendatangi lokasi.

Baca Juga

Toni mengatakan, sesuai aturan, tersangka yang ancaman hukumannya lebih dari lima tahun, harus didampingi di setiap tahap pemeriksaannya. Menurutnya,  rekonstruksi merupakan bagian dari pemeriksaan dan penyidikan untuk membuat terang peristiwa pidana. ‘’Nah, ini (Pegi) tidak didampingi, kalau memang Pegi Setiawannya ada,’’ kata Toni.

Menurut Toni, pihaknya belum mengetahui keberadaan Pegi Setiawan saat pra rekonstruksi tersebut. Dia pun ingin menanyakan hal itu kepada penyidik, namun tidak mengetahui keberadaan penyidik dalam kegiatan itu. ‘’Belum tahu (Pegi di mana). Makanya kami mau menanyakan ke penyidik. Kami juga mau menanyakan kenapa pihak kuasa hukum tidak diberi tahu. Tapi gak tahu penyidiknya dimana, karena saking banyaknya siapa penyidiknya siapa,’’ katanya.

Toni menegaskan, Pegi harus didampingi kuasa hukum saat pelaksanaan rekonstruksi. Jika tidak, dia khawatir Pegi terpaksa melakukan hal yang tidak dilakukannya dalam kasus tersebut. ‘’Harus didampingi. Khawatir apa yang tidak Pegi lakukan, disuruh melakukan. Kalau didampingi kan enak, fair,’’ kata Toni.

Hal senada diungkapkan kuasa hukum Pegi lainnya, Sugianti Irianti. Dia pun mengaku tidak tahu apakah kliennya dihadirkan dalam kegiatan itu atau tidak. ‘’Kami juga tidak yakin apakah Pegi dihadirkan di sini. Kalau Pegi tidak dihadirkan, ya memang Pegi tidak mengetahui apa-apa. Kita lihat saja rekonstruksinya seperti apa,’’ kata Sugianti.

Sugianti pun mengaku tidak mendapat informasi sama sekali dari pihak kepolisian mengenai kegiatan tersebut. Dia dan tim kuasa hukum Pegi lainnya bergegas meluncur ke lokasi saat mendengar ada kegiatan itu. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement