Selasa 18 Jun 2024 07:39 WIB

Stok Hewan Kurban di Majalengka Melimpah Capai 31.585 Ekor

Diperkiraan jumlah pemotongan hewan kurban di Majalengka mencapai 9.602 ekor.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Penjual hewan kurban memberi pakan sapi (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penjual hewan kurban memberi pakan sapi (Ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  MAJALENGKA----Ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Majalengka pada Lebaran Idul Adha tahun ini melimpah. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) setempat pun telah membentuk tim khusus untuk menyisir kualitas daging hewan kurban.

Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi, menyebutkan, ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Majalengka diperkirakan mencapai 31.585 ekor. Jumlah itu terdiri dari sapi 2.980 ekor, domba 25.823 ekor dan kambing 2.782 ekor.

Baca Juga

Sedangkan perkiraan jumlah pemotongan hewan kurban di Kabupaten Majalengka mencapai 9.602 ekor. Yakni, terdiri dari kambing 179 ekor, domba 7.839 ekor dan sapi 1.584 ekor. Jumlah hewan kurban tersebut diperkirakan masih akan bertambah. Pasalnya, pelaksanaan kurban masih akan berlangsung hari tasyrik (tiga hari setelah Idul Adha).

‘’Persediaan hewan kurban di Kabupaten Majalengka pada Idul Adha tahun ini sangat melimpah,’’ ujar Dedi, Senin (17/6/2024).

Sementara itu DKP3 Kabupaten Majalengka sebelumnya juga telah menyisir peternakan, pasar hewan, hingga lokasi penjualan hewan kurban yang ada di pinggir jalan. Hal itu untuk memastikan kesehatan hewan yang akan dikurbankan. Hasilnya, ditemukan sejumlah hewan kurban yang kondisinya sakit dan belum cukup umur.

Dokter Hewan DKP3 Kabupaten Majalengka, Ira Agustina mengatakan, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk menyisir kualitas daging hewan kurban. Mereka disebar ke masjid dan mushola, terutama yang di wilayah tersebut tidak terdapat dokter hewan. ‘’Kami akan melakukan pemeriksaan post mortem, seperti pada hati, limpa dan paru-paru,’’ katanya.

Pemeriksaan itu dimaksudkan untuk mendeteksi kemungkinan adanya cacing pita. Pasalnya, cacing pita sangat berbahaya bagi manusia. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement