Kamis 25 Jul 2024 19:55 WIB

Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Kuningan, Warga Kaget Lemari Terguling dan Pecah

Kerasnya guncangan gempa pada sore ini membuat sebuah lemari kaca jatuh dan pecah.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REJABAR.CO.ID,  KUNINGAN -- Gempa bumi tektonik berkekuatan M=4,1 dengan kedalaman lima kilometer melanda wilayah Kabupaten Kuningan, Kamis (25/7/2024) sekitar pukul 17.36 WIB.

Gempa dangkal serupa juga terjadi di Kabupaten Kuningan pada hari ini pukul 04.01 WIB. Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=3,6 itu berpusat pada kedalaman enam kilometer. Terjadinya dua kali gempa dalam sehari ini mengejutkan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca Juga

Seperti yang diungkapkan seorang warga asal Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Indah Yunita. Dia mengaku tidak menyangka gempa yang terjadi pada pagi ini kembali terulang pada sore ini. ‘’Yang pertama itu sebelum Subuh sekitar jam 04.00 WIB. Terus tadi yang kedua lumayan besar dan agak lama,’’ kata Indah.

Bahkan, kerasnya guncangan gempa pada sore ini membuat sebuah lemari kaca di rumah Indah tiba-tiba jatuh dan pecah. Meski demikian, dia dan keluarganya tetap aman. ‘’Cuman lemari ngeguling, kacanya pecah,’’ kata Indah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menginventarisir sebaran gempa serta wilayah yang terdampak gempa. ‘’Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,’’ katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement