Selasa 24 Sep 2024 10:23 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 4,4 Guncang Kota Sukabumi

Gempa bumi yang terjadi merupakan gempa menengah akibat aktivitas deformasi batuan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas BMKG memperlihatkan pusat titik lokasi gempa bumi (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Andri Saputra
Petugas BMKG memperlihatkan pusat titik lokasi gempa bumi (Ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Gempa bumi magnitudo 4,4 mengguncang Kota Sukabumi dan sekitarnya, Selasa (24/9/2024) sekitar pukul 06.53 WIB. Titik gempa berada di laut pada jarak 65 kilometer tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 61 kilometer. "Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,4," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Selasa (24/9/2024).

Rahayu mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia atau intraslab. Gempa bumi dirasakan di wilayah Cianjur Selatan dengan getaran dirasakan di dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu. "Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," kata dia.

Baca Juga

Rahayu melanjutkan gempa bumi pun dirasakan dk wilayah Bogor, Bayah, Lebak hingga Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Namun, hingga saat ini belum ditemukan laporan adanya kerusakan bangunan. "Hingga pukul 07 25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo 3,7," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Rahayu meminta agar masyarakat memastikan informasi dari kanal-kanal resmi. "Belum ada laporan kerusakan," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement