Jumat 25 Oct 2024 19:08 WIB

Pendakian ke Gunung Ciremai Ditutup Sementara Mulai 28 Oktober, Ini Penyebabnya

Sebelum penutupan pendakian, pengelola telah terlebih dulu menutup aplikasi online

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
 Terasering Panyaweueyan merupakan agrowisata yang menawarkan pesona keindahan alam. Destinasi wisata di ketinggian 2000 mdpl ini terletak di salah satu lereng Gunung Ciremai.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Terasering Panyaweueyan merupakan agrowisata yang menawarkan pesona keindahan alam. Destinasi wisata di ketinggian 2000 mdpl ini terletak di salah satu lereng Gunung Ciremai.

REJABAR.CO.ID,  KUNINGAN -- Pendakian ke Gunung Ciremai ditutup sementara. Penutupan itu berlaku untuk semua jalur pendakian, baik yang melalui Kabupaten Kuningan maupun  Kabupaten Majalengka.

Penutupan itu disampaikan melalui surat pengumuman resmi Nomor : PG.903/T.33/TU/HMS/10/2024 tentang Penutupan Aktivitas Wisata Alam Pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai. Surat itu ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Toni Anwar.

Baca Juga

‘’Seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Ciremai ditutup sementara mulai Senin, 28 Oktober 2024 sampai dengan waktu yang belum ditentukan,’’ ujar Humas, Promosi dan Pemasaran BTNGC, Ady Sularso, kepada Republika, Jumat (25/10/2024).

Ady menjelaskan, sebelum penutupan pendakian itu, pihaknya telah terlebih dulu menutup aplikasi booking online pendakian Gunung Ciremai. Penutupan aplikasi tersebut dilakukan sejak Kamis (24/10/2024).

Menurut Ady, penutupan sementara jalur pendakian Gunung Ciremai itu dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem dan perbaikan tata kelola jalur pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai. Hal itu dibutuhkan agar Gunung Ciremai tetap hijau dan lestari.

Pihak BTNGC juga meminta pengertian masyarakat atas penutupan sementara pendakian tersebut. Bagi masyarakat yang sudah merencanakan pendakian di waktu yang dekat, dimohon untuk menjadwalkan ulang dan menunggu kabar selanjutnya dari pihak BTNGC.

Seperti diketahui, ada lima jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai. Yakni, jalur Linggajati, Linggasana dan Palutungan yang terletak di Kabupaten Kuningan serta jalur Apuy dan Trisakti Sadarehe yang berada di Kabupaten Majalengka

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement