Rabu 24 Apr 2024 16:39 WIB

Ratusan Perempuan Indramayu Idap Kanker Payudara

Pemkab Indramayu terus mewaspadai kasus kanker serviks dan kanker payudara

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Komunitas Warriors, Survivors Kanker Payudara Lovepink menggelar parade kampanye  kanker payudara
Foto: Republika/Thoudy Badai
Komunitas Warriors, Survivors Kanker Payudara Lovepink menggelar parade kampanye kanker payudara

REJABAR.CO.ID,  INDRAMAYU -- Penyakit kanker saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat di Kabupaten Indramayu. Kanker terbanyak yaitu kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim). Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, jumlah kasus kanker payudara di Kabupaten saat ini tercatat 340 kasus. Sedangkan kanker serviks sebanyak 85 kasus.

Pemkab Indramayu pun terus mewaspadai kasus kanker serviks dan kanker payudara yang mengintai perempuan-perempuan Indramayu. Untuk itu, semua stakeholder harus ikut peduli dalam mengurangi kasus tersebut dengan berperan melakukan deteksi dini penyakit kanker.

Baca Juga

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, untuk deteksi dini, pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit kanker, saat ini sudah semakin modern. "Bahkan untuk deteksi saat ini bisa dilakukan IVA test yang ada di Puskesmas,’’ ujar Nina, Rabu (24/4/2024).

Nina berharap, para perempuan Indramayu semakin banyak yang memiliki pengetahuan tentang bahaya kanker. Karena itu, mereka akan semakin sadar untuk melakukan deteksi secara dini terhadap penyakit tersebut.

Nina juga memberikan dukungan kepada para penyintas kanker di Kabupaten Indramayu. Mereka diharapkan terus semangat dalam menjalani pengobatan dan diberikan ketabahan serta kesehatan dalam menjalankan kehidupannya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement