Jumat 03 May 2024 13:04 WIB

Unpad Umumkan 14 Bakal Calon Rektor Periode 2024-2029, Ini Daftarnya

Keempat belas bakal calon rektor telah mengambil nomor urut

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Unpad Nadjib Riphat Kesoema
Foto: Dok Republika
Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Unpad Nadjib Riphat Kesoema

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG---Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (P3R) Unpad mengumumkan 14 nama bakal calon rektor Unpad periode 2024-2029 yang telah resmi ditetapkan oleh Majelis Wali Amanah (MWA) Unpad. Mereka terdiri dari 11 orang laki-laki dan tiga orang perempuan yang tersebar di berbagi fakultas.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Unpad Nadjib Riphat Kesoema mengatakan MWA Unpad telah melakukan verifikasi terhadap 16 pendaftar bakal calon rektor akhir Maret. Hasilnya, sebanyak 14 orang bakal calon rektor memenuhi persyaratan dan telah ditetapkan.

Baca Juga

"Pada tanggal 30 Maret mendapatkan 16 pendaftar kemudian diverifikasi berkas dan ternyata yang lolos 14. Tadi sudah dibagikan SK 14 yang lolos," ucap dia di Kampus Unpad di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jumat (3/5/2024).

Ia menuturkan keempat belas bakal calon rektor telah mengambil nomor urut. Mereka selanjutnya akan mengikuti sejumlah kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan lengkap di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

Selanjutnya, para bakal calon rektor akan mengikuti assesmen yang dilakukan assesmen center Indonesia. Assesmen dilakukan untuk melihat kompetensi bisnis dan kemampuan mengelola organisasi dan leadership.

"Setelah itu ada kegiatan rapat pleno MWA terbuka, kami mengundang semua guru besar untuk memberikan penilaian terhadap 14 orang," katanya.

Nadjib mengatakan satu persatu bakal calon rektor akan dipanggil oleh guru besar yang jumlahnya mencapai 300-400 orang. Mereka akan mendengarkan paparan makalah dari para bakal calon tentang rencana strategis ke depan.

Ia melanjutkan masyarakat umum, hingga wartawan dapat ikut mengamati kegiatan tersebut secara daring dan apabila terdapat waktu akan diberikan kesempatan bertanya. Para bakal calon rektor pun akan dilakukan penelusuran rekam jejak melibatkan tiga instansi terkait.

Menurut Nadjib, pihaknya melibatkan PPATK untuk memeriksa pergerakan data keuangan para bakal calon rektor. Pihaknya melibatkan BIN untuk mengecek latar belakang kehidupan politik bakal calon rektor dan Kominfo untuk mengecek rekam jejak digital.

Ia menuturkan masyarakat pun dapat mengajukan laporan pengaduan terkait para bakal calon rektor. Namun, mereka yang ingin mengajukan laporan pengaduan harus objektif dan menunjukkan identitasnya. "Akhir Juni didapatkan siapa yang paling layak menjadi calon rektor mengerucut menjadi 3 orang," katanya.

Setelah didapatkan tiga orang calon rektor, ia mengatakan sidang akan digelar melibatkan civitas akademik. Selanjutnya hasil tersebut akan disidangkan di MWA dan diumumkan rektor terpilih pada 5 Juli dan pelantikan 7 Juli.

Wakil Ketua MWA Unpad sekaligus Ketua Pengarah Pemilihan Rektor Unpad Prof Arry Bainus mengatakan MWA berharap rektor ke depan memiliki keseimbangan antara bisnis leader dan akademik leader. Oleh karena itu, MWA menyelenggarakan beberapa seleksi khusus.

Ia mengatakan seleksi yang dilakukan seperti melibatkan assesmen center Indonesia. Sedangkan dari sisi akademik akan melibatkan guru besar dengan harapan rektor memahami dunia akademik. "Kita juga menginginkan rektor terbaik best of the best harus bukan dari sisi kompetensi bisnis atau akademik tapi dari sisi integritas," kata dia.

Berikut 14 Bakal Calon Rektor Unpad berdasarkan nomor urut pengundian adalah sebagai berikut:

1. Prof. Dr. apt. Keri Lestari, M.Si

2. Prof. Dr. Diana Sari, M.Mgt., Ph.D

3. Prof. Dr. med. Setiawan, dr., AIFM

4. Dr. Arip Rahman Sudrajat

5. Dr. Asep Mulyana, S.E., Dipl.Koop.Oek

6. Dr. Idris, S.H., M.A

7. Prof. dr. Arief S. Kartasasmita, SpM(K)., Mkes. PhD

8. Prof. Dr. Ace Tatang Hidayat, M.Si., M.M 9. Prof. Popy Rufaidah, S.E., MBA, Ph.D

10 Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc

11. Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si

12. Prof. Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si 13. Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.AIR., Ph.D

14. Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H., S.A.P., M.Hum

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement