Selasa 14 May 2024 21:46 WIB

Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Tiga Desa di Bandung Barat

Delapan unit kendaraan roda dua tidak bisa melintasi jalan karena tertutup longsor.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Longsor (ilustrasi)
Foto: Dok BPBD Bandung Barat
Longsor (ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Bencana tanah longsor terjadi di tiga kampung yang berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Senin (13/5/2024) malam. Akibatnya, akses jalan penghubung tiga desa yaitu Desa Sindangjaya dengan Desa Cilangari terputus.

Pranata Humas Ahli Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan, akses jalan penghubung Desa Sindangjaya, Desa Bunijaya dengan Desa Cilangari masih tertutup material longsor hingga pukul 16.15 WIB, Selasa (14/5/2024). Longsor pun merusak tiang kabel telepon, kabel listrik dan penerangan jalan umum roboh. "Akses jalan penghubung Desa Bunijaya, Desa Sindangjaya dan Desa Cilangari terputus," ujar Hadi saat dikonfirmasi, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga

Ia menuturkan, dua unit fasilitas umum turut terdampak. Delapan unit kendaraan roda dua tidak bisa melintasi jalan karena tertutup longsor. Selain itu, 10 unit rumah terdampak dan 40 unit rumah terancam akibat longsor.

Menurut Hadi, total warga yang terdampak mencapai 114 orang. Ia melanjutkan pihaknya sudah mengimbau masyarakat untuk mencari jalan alternatif dan selalu waspada terhadap potensi bencana.

Selain itu, masyarakat kerja bakti membuat jalur darurat kendaraan roda dua dan membersihkan material tanah longsor dan mengevakuasi kabel listrik yang terputus di lokasi kejadian. "Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak berada di sekitar lokasi atau melalui lokasi kejadian," katanya.

Ia mengatakan petugas masih terus melakukan koordinasi. Selain itu terus melakukan evakuasi.

Yuk gabung diskusi sepak bola diĀ sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement