Jumat 05 Jul 2024 15:23 WIB

Lembaga Sosial Asal Bandung Ini, Sebar Manfaat Daging Kurban Hingga ke Pelosok Nusantara

Daging hewan kurban disebarkan sampai ke wilayah lain di luar pulau Jawa

Red: Arie Lukihardianti
Anak Soleh Foundation distribusikan Hewan Kurban hingga Pelosok
Foto: Dok Republika
Anak Soleh Foundation distribusikan Hewan Kurban hingga Pelosok

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Pada moment Hari Raya Idul Adha, semua lembaga sosial memiliki berbagai program. Salah satunya, sebuah lembaga sosial, pendidikan dan keagamaan yang menjadi penghubung kebaikan di Masyarakat, di Kota Bandung, Anak Shaleh Foundation. Lembaga yang telah berdiri sekitar 25 tahun ini pun telah melaksanakan progam SEBAR KURBAN (Semangat Berkurban). Yaitu, progam penyembelihan hewan kurban dan menyebarkan atau menyalurkannya. Kegiatan program ini dilakukan di lingkungan Anak Shaleh Foundation, Jl Rancabolang Buahbatu, Kota Bandung.

Menurut pimpinan Anak Shaleh Foundation Hairil Fuad, beberapa tahun kebelakang ini Anak Shaleh Foundation mencoba berinovasi melalui progam SEBAR KURBAN. Anak Shaleh Foundation, mencoba untuk tidak hanya berfokus melaksanakannya di wilayah kota Bandung dan sekitarnya saja. Tetapi juga, mencoba melaksanakan serta menyalurkan daging hewan kurban ke beberapa wilayah pelosok di Nusantara.

Baca Juga

"Kami ingin daging dari pekurban bisa tersebar kebermanfaatannya bahkan sampai ke pelosok desa, baik itu berupa daging sapi maupun domba. Kebermanfaatan dari program ini tentu saja salah satunya adalah mereka yang berada di pelosok juga bisa merasakan kebahagiaan serta nikmatnya daging kurban," ujar Hairil, Jumat (5/7/2024).

Selain itu, kata dia, nilai lebih dari program ini juga secara tidak langsung dapat membantu para peternak hewan kurban lokal di tempat pelaksanaan SEBAR KURBAN. Tentunya, Anak Shaleh Foundation juga memiliki SOP khusus didalam menentukan hewan kurban pilihan. Yakni, bekerja sama dengan tim pemeriksa kesehatan hewan setempat sebelum memutuskan hewan kurban mana yang dipilih untuk disembelih. Untuk memastikan hewan yang dipilih adalah hewan yang sehat, tidak ada penyakit dan sesuai dengan syariat islam.

Sebelumnya, kata dia, lokasi titik penyaluran kurban yang sudah dilaksanakan masih berada di wilayah pulau jawa atau lebih spesifik lagi masih di area provinsi Jawa Barat. Yaitu beberapa daerah di kabupaten Cianjur, Tasikmalaya, Sukabumi, Garut, Cililin, Ciwidey dan juga Sumedang.

"Penyebaran hewan korban kami, sekarang sudah menyentuh wilayah yang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Tentu manfaat dari progam SEBAR KURBAN ini tidak hanya dirasakan oleh shohibul kurban," katanya.

Menurutnya, sekarang daging kurban yang didistribusikan pihaknya bisa tersebar kepada mustahik seluas-luasnya. Terutama, pada mereka yang jarang tersentuh untuk penyebaran daging kurban.

“Kami dari Anak Shaleh Foundation berharap hewan kurban yang disalurkan bisa bermanfaat bagi seluruh penerimanya, termasuk warga di desa-desa pelosok," katanya.

Hairil berharap, dengan program ini semakin banyak para donatur kurban yang tersentuh hatinya serta ingin turut bersama memberikan kebahagiaan pada semua orang dengan mengikuti progam SEBAR KURBAN ke pelosok.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya lebih banyak lagi yang turut serta berkurban di Anak Shaleh Foundation sehingga lokasi pendistribusian tidak hanya di titik saat ini saja di pulau Jawa dan NTB, kami berharap bisa menyebarkan luas di wilayah-wilayah lain yang ada di Indonesia dari sabang sampai Merauke. Bahkan kita bercita-cita suatu saat nanti juga bisa melaksanakan penyaluran daging kurban hingga ke negeri saudara kita Palestina," paparnya.

Menurutnya, Hari Raya Idul Adha tahun ini 1445H/2024M Anak Shaleh Foundation telah menyalurkan atau menyebarkan daging hewan kurban sampai ke wilayah lain di luar pulau Jawa. Yakni, terlaksana di salah satu daerah di pulau Nusa Tenggara, tepatnya di Desa Segara Katon, Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Kenapa tempat ini dipilih, karena menurut informasi yang didapatkan tim Anak Shaleh Foundation, sebagian warga di sana ada yang jarang mendapatkan atau merasakan nikmatnya daging kurban disetiap tahunnya," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement