Rabu 18 Sep 2024 10:18 WIB

Kebakaran Hanguskan Rumah dan Lahan di Cirebon

Penyebab kebakaran, hingga kini masih dalam pemeriksaan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kebakaran (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Kebakaran (Ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  CIREBON--Sebuah rumah milik warga di Desa Sinarancang, Dusun 1, Blok Pon, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, ludes dilalap si jago merah, Selasa (17/9/2024) sekitar pukul 13.28 WIB. Rumah tersebut milik warga bernama Kasmini. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kasi Tanggap Darurat Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon, Eno Sujana menjelaskan, berdasarkan informasi dari warga, kebakaran itu awalnya dari gudang yang berisi tumpukan kardus. Setelah itu, api merembet ke rumah yang ada di sebelahnya. ‘’Hingga akhirnya mengakibatkan satu rumah hangus terbakar,’’ kata Eno.

Baca Juga

Eno mengatakan, pihaknya langsung meluncur ke lokasi setelah mendapat informasi mengenai kejadian tersebut. Pemadaman pun segera dilakukan. butuh waktu hampir satu jam bagi petugas untuk memadamkan kobaran api. ‘’Tidak adanya air di daerah tersebut karena kering semua menjadi kendala dalam pemadaman api,’’ katanya.

Untuk penyebab kebakaran, hingga kini masih dalam pemeriksaan. Begitu pula kerugian yang dialami pemilik rumah akibat kebakaran tersebut.

Di hari yang sama, kebakaran juga melanda lahan kosong di dua lokasi berbeda. Yakni, lahan kosong di perumahan Rumah Ningrat, Desa Kondangsari, Kecamatan Beber, sekitar pukul 12.30 WIB dan lahan kosong Apita Resort Desa Patapan, Kecamatan Beber, sekitar pukul 16.40 WIB.

Untuk kebakaran lahan kosong di perumahan Rumah Ningrat, Desa Kondangsari, luas lahan yang terbakar sekitar 20 ribu meter persegi. Sedangkan di lahan kosong Apita Resort Desa Patapan, api membakar alang-alang dan semak belukar seluas kurang lebih 47.897 meter persegi. ‘’Penyebab kebakaran di kedua lahan itu diduga berawal dari pembakaran sampah,’’ kata Eno.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement