Ahad 27 Oct 2024 20:18 WIB

ASIH Janji akan Buat Jabar Ramah Disabilitas

Trotoar harus ada sarana petunjuk jalan bagi disabilitas

Red: Arie Lukihardianti
Ahmad Syaikhu saat silaturahmi dengan Kaum Disabilitas di Cikarang, Ahad (27/10/2024).
Foto: Dok Republika
Ahmad Syaikhu saat silaturahmi dengan Kaum Disabilitas di Cikarang, Ahad (27/10/2024).

REJABAR.CO.ID,  BEKASI-- Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie bertekad membangun Jabar kedepan dengan prinsip Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh. Hal tersebut, disebut anak muda saat sebagai prinsip kolaborasi, bersama-sama membangun Jawa Barat.

"Karena kalau sendirian saja terlalu berat, makanya prinsipnya bareng-bareng, antara pemerintah provinsi dengan kabupaten, bareng-bareng antara provinsi dengan pusat, bareng-bareng antara provinsi dengan masyarakat se-Jawa Barat," ujar Ahmad Syaikhu saat silaturahmi dengan Kaum Disabilitas di Cikarang, Ahad (27/10/2024).

Baca Juga

Dengan prinsip kolaborasi ini, kata Syaikhu, akan lebih ringan mengatasi permasalahan termasuk mengatasi permasalahan yang dihadapi disabilitas. Saat ini, berbagai fasilitas sarana dan prasarana umum, kadang-kadang tak ramah disabilitas. "Misalnya bagi pengguna kursi roda, itu pake ya tangga, otomatis gak bisa jalan itu susah, kalaupun dinaikin, makanya perlu kantor-kantor disiapkan disamping tangga menyiapkan Trap, sehingga kursi roda dan sebagainya bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Termasuk di ruang publik, kata dia, misalnya trotoar harus ada sarana petunjuk jalan bagi disabilitas. "Model-model begitulah yang akan kita bangun pada fasilitas-fasilitas umum yang ada di Jawa Barat," katanya.

Untuk terlaksananya hal tersebut, Syaikhu meminta doa restu dan dukungan dari masyarakat agar bisa memenangkan Pilgub Jabar 2024. "Mudah-mudahan Allah takdirkan kemenangan pada Pasangan ASIH. Nanti Insya Allah kalau ada pertanyaan-pertanyaan, masukan-masukan, terkait dengan proses pembangunan karena kita konsepnya kolaborasi, bersama-sama dengan pemerintah kabupaten, mudah-mudahan yang ditakdirkan yang menang di Kabupaten Bekasi BN Holik dengan Bang Faisal," paparnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) dan Disabilitas Produktif Mandiri, Rani Mei Lestari mengungkapkan pihaknya merasa istimewa bertemu dengan Ahmad Syaikhu selaku sosok calon pemimpin untuk Jawa Barat.

"Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah memberi kesempatan untuk kami bisa hadir di sini, bisa bersilaturahmi, tentunya kami ingin sekali menyampaikan banyak hal, harapan besar untuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas khususnya di Provinisi Jawa Barat," katanya.

Acara silaturahmi bersama Ahmad Syaikhu tersebut, kata Rani, dihadiri ratusan peserta yang berasal dari Kabupaten Bekasi, Karawang, Kota Bekasi dan Bogor.

Rani pun menitip amanah kepada Ahmad Syaikhu jikalau nanti terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat. Ia mengakh sangat berharap besar kepada paslon ASIH.

"Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini akan membawa manfaat dan keberkahan untuk khususnya kami semua penyandang disabilitas, saya ingin menitipkan amanah atau harapan yang sangat besar khususnya kepada bapak, kami khususnya di Kabupaten Bekasi ini Perda Disabilitas belum disahkan, mudah-mudahan nanti bapak bisa terpilih, bisa membantu kami juga begitu juga dengan Pak Haji Faisal," paparnya

HWDI Kabupaten Bekasi pun, mendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie pada Pilkada Jabar 2024.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement