Kamis 18 Apr 2024 21:03 WIB

Saber Pungli Tangkap Puluhan Orang yang Lakukan Pungli di Pusat Keramaian Karawang

Tim Saber Pungli menyita barang bukti berupa uang tunai sebanyak Rp 516 ribu.

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Pungli (ilustrasi)
Foto: [ist]
Pungli (ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  KARAWANG---Petugas menangkap puluhan orang yang diduga melakukan aksi pungutan liar (Pungli) selama musim libur lebaran di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Ada 25 orang pelaku yang kami amankan karena melakukan pungli di berbagai tempat di wilayah Karawang," ujar Ketua Satgas Saber Pungli Karawang, Kompol Prasetyo, di Karawang, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga

Ia menyampaikan, dari pengungkapan 25 orang yang melakukan praktik pungli itu, petugas Tim Saber Pungli menyita barang bukti berupa uang tunai sebanyak Rp 516 ribu.

Disebutkan bahwa para pelaku pungli itu diamankan dari sejumlah pusat keramaian seperti kawasan pertokoan, pasar, terminal serta tempat-tempat wisata. Para pelaku pungli yang diamankan itu merupakan hasil dari kegiatan penyisiran Tim Saber Pungli pada 16-26 April 2024.

"Jadi mereka terjaring karena ada kegiatan penyisiran Tim Saber Pungli. Di luar waktu itu, kemungkinan aksi pungli di wilayah Karawang masih banyak di berbagai tempat," katanya.

Prasetyo mengatakan, modus para pelaku pungli yang ditangkap itu umumnya terkait dengan penarikan uang parkir, yakni parkir liar yang tidak dilengkapi dengan karcis parkir. “Mereka mematok tarif parkir seenaknya,” kata dia.

Para pelaku pungli yang beraksi dengan modus memungut biaya parkir itu biasanya mematok biaya parkir antara Rp5-10 ribu per kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Mereka yang terjaring dalam penyisiran Tim Saber Pungli itu selanjutnya dilakukan pembinaan oleh Tim Saber Pungli Karawang. Kemudian berjanji melalui surat pernyataan untuk tidak mengulangi aksi pungli. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement