Senin 06 May 2024 20:34 WIB

Kemenag Jabar Ingatkan Calon Jamaah Haji Jaga Kondisi di Tanah Suci

Prediksi puncak haji cuaca di Mekah kemungkinan akan 45-50 derajat.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Jamaah calon haji mengikuti manasik
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Jamaah calon haji mengikuti manasik

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat (Jabar) mengingatkan calon jamaah haji untuk menjaga kondisi selama di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. Sebab kondisi cuaca pada puncak haji diprediksi mencapai 40 hingga 50 derajat celsius.

"Jadi untuk tahun ini diprediksi puncak haji cuaca di Makkah kemungkinan akan 45-50 derajat, jadi jamaah diharapkan menjaga kondisi," ujar Kabid Haji dan Umroh Kemenag Jabar Boy Hari Novian, Senin (6/5/2024).

Baca Juga

Ia mengimbau calon jamaah haji tidak terlalu banyak melakukan kegiatan sebelum puncak haji berlangsung selama 5 hari di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Boy meminta agar para calon jamaah haji banyak minum air. "Jadi memang dari sekarang diharapkan jamaah menjaga kondisi dengan banyak minum dan mengurangi aktivitas sebelum puncak haji," katanya.

Boy mengatakan pihaknya telah mempersiapkan operasional haji mulai dari dokumen hingga paspor visa jamaah. Selain itu persiapan di asrama haji Bekasi dan Indramayu. "Kami siap menerima kedatangan jamaah yang insya Allah mulai datang kloter 1 di tanggal 11 Mei dan take off tanggal 12 Mei baik di Kertajati maupun Bekasi," kata dia.

Ia mengatakan pihaknya juga menyediakan kamar khusus untuk lansia di asrama maupun di pesawat, termasuk makanan untuk lansia. "Lansia di Jabar 30-40 persen jamaah yang berangkat adalah lansia. Memang jamaah haji Indonesia tiap tahun didominasi jamaah haji lansia," katanya.

Sebanyak 40.201 orang calon jamaah haji siap berangkat ke Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi. Mereka akan mulai masuk ke asrama pada tanggal 11 Mei dan berangkat tanah suci tanggal 12 Mei.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement