Sabtu 08 Jun 2024 13:30 WIB

Tumbuhkan Bakat Ekonomi Kreatif Siswa SMK, Jabar Resmikan Creative School Project 2024

Creative School Project menjadi sarana yang tepat untuk menyalurkan minat

Red: Arie Lukihardianti
Disparbud meresmikan program Creative School Project 2024.
Foto: Dok Republika
Disparbud meresmikan program Creative School Project 2024.

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) meresmikan program Creative School Project 2024. Prosesi peresmian dilaksanakan di Ruang Publik Seni Kreatif Disparbud Jabar,  Kota Bandung, Jumat (7/6/2024). 

Creative School Project merupakan program yang ditujukan kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jabar untuk menumbuhkan minat dan bakat pada sektor ekonomi kreatif. Kegiatan akan dilaksanakan di sejumlah SMK dari kabupaten/kota berbeda, dengan menggelar sesi kelas workshop yang berkaitan dengan subsektor ekonomi kreatif. 

Baca Juga

Sesi kelas yang dibuka, yakni gim, videografi, desain komunikasi visual, musik, animasi, desain produk, kriya, fashion, film, seni pertunjukan, fotografi serta literasi. 

Menurut Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Creative School Project menjadi sarana yang tepat untuk menyalurkan minat dan bakat generasi muda. "Melalui program ini diharapkan lahir SDM berkualitas yang siap bersaing di sektor ekonomi kreatif," katanya. 

Benny mengatakan, Jabar memiliki SDM yang sangat luar biasa, maka ini menjadi semangat Disparbud Jabar untuk mendorong anak-anak muda berpikir kritis terhadap potensinya. "Setiap minggu kami juga mengadakan kegiatan Smiling West Java Academy agar wawasan generasi muda menjadi semakin terbuka. Kami ingin mereka mandiri supaya ke depannya jangan sampai terjadi pengangguran," kata Benny. 

Menurutnya, yang paling penting adalah menciptakan lingkungan positif, maka manfaatkan momentum ini untuk mengeksplorasi potensi diri. Pelaksanaan Creative School Project yang diikuti siswa-siswi kreatif ini nantinya akan menghasilkan karya-karya yang akan ditampilkan pada event internasional Connecti:City 2024 mendatang. 

Dalam pelaksanaannya nanti, kata dia, peserta di tiap sekolah yang berjumlah 25 orang akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. "Melalui kegiatan ini mereka diharapkan bisa melatih kreativitas, meningkatkan keterampilan, mendorong minat usaha serta mengembangkan diri sebagai SDM berkualitas yang siap bersaing di dunia kerja maupun usaha," kata Banny. 

Selain meresmikan Creative School Project, pada kesempatan yang sama juga diluncurkan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) terkait Pemandu Wisata Geowisata. Program tersebut bertujuan memperkuat kerja sama antara Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan pelaku usaha atau industri. 

Tujuannya, kata dia, memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten serta bersertifikasi, khususnya pemandu wisata geowisata. PSKK akan dilaksanakan di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Pangandaran. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement