Jumat 28 Jun 2024 12:08 WIB

Ridwan Kamil Jadi Maju di Pilkada Jakarta, Pengamat: Dedi Mulyadi Diuntungkan

Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta maka semua partai dan kandidat diuntungkan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Pengamat Politik Unpad Firman Manan
Foto: Istimewa
Pengamat Politik Unpad Firman Manan

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG---Pengamat politik Unpad Firman Manan mengungkapkan apabila Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta mendatang maka yang diuntungkan adalah Dedi Mulyadi. Sementara partai politik yang akan diuntungkan yaitu Gerindra.

"Kalau lihat peta per hari ini yang diuntungkan Gerindra karena kalau lihat hasil survei penantang kuat Kang Emil, Dedi Mulyadi. Kalau Kang Emil tidak maju di Jabar potensi Dedi Mulyadi jadi gubernur lebih besar," ujar Firman, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga

Selain itu, kata dia, apabila Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta maka semua partai dan kandidat diuntungkan. Sebab pertarungan di Pilkada Jabar lebih merata. "Banyak figur bisa bertarung dibandingkan Kang Emil maju di Jabar. Kang Emil unggul signifikan hari ini bahkan dengan Dedi Mulyadi," kata dia.

Terkait maju di Jakarta atau di Jabar, Firman mengatakan kuncinya berada di Golkar. Namun, Golkar belum bisa memutuskan secara independen karena terdapat faktor Koalisi Indonesia Maju dan figur Prabowo Subianto.

Bagi Kang Emil, ia membaca sosoknya merupakan orang yang sangat perhitungan membaca peluang di kancah politik. Maka ia menduga jika Emil condong memilih di Jabar. "Sepengetahuan saya orang sangat kalkulatif menghitung peluang kalau dilihat per hari ini peluang besar maju di Jabar. Saya membayangkan Kang Emil politisi kalkulatif kalau diperbolehkan memilih memilih di Jabar," kata dia.

Namun begitu, ia mengatakan Ridwan Kamil merupakan kader Golkar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement