Rabu 08 May 2024 15:10 WIB

BMKG Lakukan Survei Peta Bahaya Dampak Gempa Bumi Sesar Lembang

Keberadaan Sesar Lembang yang membentang di sekitar Bandung Raya, mitigasi harus

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan pada layar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan pada layar

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG---Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung telah melakukan survei peta bahaya gempa bumi yang ditimbulkan akibat Sesar Lembang. “Terkait dampak dari aktivitas Sesar Lembang, kita dari BMKG Bandung sudah melakukan skenario potensi peta guncangan atau shake map skenario mengenai dampak dari sesar-sesar yang ada di Jawa Barat,” ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Bandung Virga Librian di Bandung, Rabu (8/5/2024).

Menurut Virga, dari hasil pemetaan tersebut, gempa akibat Sesar Lembang bisa berdampak luas ketika kekuatannya mencapai Magnitudo 6,8. "Itu akan berdampak untuk wilayah Bandung Raya khususnya skala intensitas V-VIII MMI. Itu bahkan bisa berdampak sampai Subang, Purwakarta, dan daerah lainnya," katanya.

Baca Juga

Menurutnya, dengan keberadaan Sesar Lembang yang membentang di sekitar Bandung Raya maka mitigasi harus bisa dilakukan oleh pemerintah daerah. Termasuk, masyarakat yang tinggal di Bandung. “Diharapkan masyarakat itu lebih meningkatkan kesiapsiagaan, bukan malah panik, tetapi meningkatkan kesiapsiagaannya melalui langkah mitigasi sebelum dan sesudah gempa bumi,” katanya.

Virga mengatakan, masyarakat juga harus memperhatikan terhadap ketersediaan alat atau makanan yang bisa digunakan ketika gempa Sesar Lembang terjadi. Misalnya dengan menyiapkan tas siaga bencana yang bisa digunakan kapan saja ketika suatu bencana menimpa.

“Di mana tas siaga bencana itu bukan untuk gempa bumi saja, tetapi bisa untuk bencana lainnya yang berisikan tentang buku atau dokumen penting, lalu pakaian ganti, makanan instan yang siap saji,” katanya.

Sementara itu, Peneliti pada Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN Edy Hidayat mengatakan, dengan keberadaan Sesar Lembang sudah seharusnya pemerintah daerah menyiapkan infrastruktur yang bisa digunakan masyarakat untuk meminimalisasi dampak dan korban gempa.

"Artinya ada infrastruktur yang mungkin bisa dibikin sederhana, tetapi dia kokoh. Tempat tidurnya diperkokoh, atau meja makannya diperkokoh. Itu saja yang bisa dilakukan oleh masyarakat langsung tanpa ada misalkan dana dari pemerintah," kata Edy.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement