Kamis 09 May 2024 16:01 WIB

Pemeriksaan Boarding Pass Calhaj Dialihkan ke Asrama Haji Indramayu

Para Calhaj akan langsung menaiki pesawat saat tiba di BIJB Kertajati.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
 Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Melakukan Inspeksi serta Meninjau Kesiapan Bandara Kertajati (BIJB) untuk Menghadapi Musim Haji 1445 H/2024 M
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Melakukan Inspeksi serta Meninjau Kesiapan Bandara Kertajati (BIJB) untuk Menghadapi Musim Haji 1445 H/2024 M

REJABAR.CO.ID,  MAJALENGKA -----Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan menerbangkan lebih dari 13 ribu calon jamaah haji (calhaj) ke Tanah Suci pada tahun ini. Untuk memudahkan keberangkatan Calhaj melalui Embarkasi Kertajati itu, maka pihak BIJB Kertajati mengalihkan pemeriksaan dokumen penumpang atau boarding pass ke Asrama Haji Indramayu.

Menurut Direktur Utama PT BIJB, M Singgih, para Calhaj akan menjalani serangkaian proses dari mulai pemeriksaan kesehatan, proses imigrasi, hingga boarding pass di Asrama Haji Indramayu. Dengan teknis pemberangkatan seperti itu, maka para calhaj akan langsung menaiki pesawat saat tiba di BIJB Kertajati. ‘’Bus yang mengantar para jamaah haji dari Asrama Haji Indramayu akan melewati sisi utara BIJB Kertajati, dan langsung naik ke pesawat,’’ ujar Singgih, Kamis (9/5/2024).

Baca Juga

Singgih menjelaskan, para calhaj tidak akan melewati terminal bandara seperti pemberangkatan ibadah haji di BIJB Kertajati pada tahun sebelumnya.

Sementara, menurut Executive General Manager BIJB Kertajati, Nuril Huda, secara keseluruhan BIJB Kertajati sudah siap memberangkatkan calhaj melalui Embarkasi Kertajati. ‘’Insya Allah, secara keseluruhan Bandara Kertajati siap melayani penerbangan haji tahun 2024 ini,’’ kata Nuril.

Nuril menjelaskan, BIJB Kertajati akan memberangkatkan kloter pertama calhaj pada 12 Mei 2024. Adapun jadwal penerbangan pertamanya itu pada pukul 09.30 WIB. Menurutnya, Embarkasi Kertajati akan memberangkatkan 30 kloter, dengan jumlah calhaj sebanyak 13.050 orang. Jumlah itu akan ditambah panitia sebanyak 150 orang.

‘’Sehingga yang berangkat melalui Bandara Kertajati sebanyak 13.200 jamaah,’’ kata Nuril. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement