Senin 17 Jun 2024 18:09 WIB

Tim Profesional Drone Show Indo Gelar Demonstrasi Disambut Antusias Warga Bandung

Ratusan drone sukses membentuk ragam formasi

Red: Arie Lukihardianti
Drone Light Show
Foto: Dok Republika
Drone Light Show

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, akhir pekan lalu, ratusan drone terbang bersamaan membentuk ragam formasi. Warna warni dari LED menambah kesan suguhan yang menarik.

Bentuk dan tulisan terpancar dari cahaya dan formasi yang presisi. Para penonton yang hadir di lokasi pun mengabadikan lewat handphone mereka. Mereka sangat menyambut antusias atraksi tersebut

Baca Juga

Atraksi tersebut, merupakan tahapan demonstrasi yang dilakukan Tim Drone Show Indo untuk mengamankan legalitas dokumen dari Kementerian Perhubungan sebagai operator Drone Light Show. Semua tahapan pengujian hingga demonstrasi bisa dilalui dengan prosedur yang sudah ditentukan.

Sebelum menerbangkan ratusan drone, Tim Drone Show Indo mempersiapkan segala sesuatunya dengan teliti dan sesuai prosedur yang sudah dirumuskan. Instalasi tenda meja Ground Station Control (GSC). Serta, alat pendukung juga dilakukan dengan cermat untuk memastikan semua peralatan berfungsi dengan baik.

Tahap pre-flight dan monitor check dilakukan dengan teliti oleh tim teknis dan penguji dari Kemenhub. Mereka memastikan semua drone berfungsi dengan baik dan siap untuk terbang. Pengujian ini mencakup pemeriksaan sistem navigasi, kestabilan terbang, serta keamanan operasi drone. Indikator keberhasilan pengujian meliputi stabilitas terbang, responsivitas kontrol, dan keakuratan navigasi.

Semua persiapan yang rumit itu terbayar dengan suksesnya ratusan drone membentuk ragam formasi. Usai pertunjukan, tim pun memastikan semua hal yang berkaitan dengan aspek keselamatan dievaluasi.

"Demonstrasi penerbangan drone ini bertujuan untuk memperkuat keahlian dalam penerbangan dan memastikan kompetensi operasi drone kami," ujar Fadel Yasrawi, selaku Direktur Drone Show Indo dalam keterangan resminya, Senin (17/6/2024).

Drone Show Indo, kata dia, berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi drone yang inovatif dan berfokus pada keselamatan serta kepatuhan terhadap regulasi. "Kami bersyukur semua tahap pengujian bisa dilewati dengan sukses," katanya.

Fadel mengatakan, tim berusaha menjadi mitra tepercaya dalam industri drone, menyediakan solusi komprehensif yang mencakup teknologi mutakhir, pelatihan, dan dukungan operasional bagi mitra bisnis di seluruh dunia dengan keamanan yang teruji melalui Specific Operations Risk Assessment (SORA).

Di tempat yang sama, Capt Meddy Yogastoro perwakilan dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, tim Drone Show Indo sudah menjalani semua tahapan pengujian sejak Februari 2024.

Pihaknya, kata dia, mengecek semua dokumen, alat, prosedur, kecakapan pilot dan aspek keselamatan yang mereka miliki. Demonstrasi penerbangan ratusan drone adalah tahap akhir yang harus dilalui.

"Tim ini bisa menjadi operator drone light show dengan 200 unit drone. Demonstrasi yang dilakukan menunjukkan kemampuan terbangnya. Kami akan memberikan persetujuan sebagai operator drone light show," katanya.

Tahapan demonstrasi tersebut, kata dia, sebenarnya pembuktian untuk melihat prosedur dan melihat apakah sesuai.  "Setelah mampu, kami akan memberikan surat persetujuan dan SORA. Mereka bisa terbang di ruang kontrol air space, malam hari, siang hari dan itu bisa berlaku satu tahun ke depan. Kami akan monitor," katanya.

Hasil evaluasinya, kata dia, tim Drone Show Indo sudah mampu mengendalikan ratusan drone, tim dan pilotnya dinilai handal, prosedur keselamatan pun dijalankan dengan sangat baik. Mereka pun serius memastikan akurasi konektivitas dengan jaringan bisa berjalan maksimal.

Kemenhub sendiri, sudah menerbitkan 9 ribu sertifikat untuk pilot, lalu mengeluarkan dokumen perizinan untuk 1,700 unit drone untuk kategori non hobi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement